Intel Pentium vs Intel Atom

Diposting oleh den imam Selasa, 30 Maret 2010


Mungkin buat temen2 yang punya netbook dah biasa ma "intel atom", tapi tahu g ap bedanya ma "intel pentium" yang di pake buat PC? nah disini kita sama2 belajar untuk mengetahui perbedaannya.
intel Atom tidak bisa di bandingkan ma intel pentium, karena secara struktur berbeda. intel atom di khususkan untuk netbook dibuat dengan fabrikasi 45 nm yang mengandung 47 juta transistor, single core fsb 533 dan mendukung hyper treading. hemat daya dan tidak terlalu cepat panas. intel atom punya kelebihan hemat energi batere sehingga panas yang di keluarkan tidak sepanas intel pentium, namun masalah kinerjanya lebih cenderung intel pentium, untuk intel atom biasanya dipake di netbook yang butuh kinerja yang agak ringan di banding intel pentium.
intel atom sekelas celeron dualcore, tapi bukan pentium dualcore, dengan kecepatan 1,6hgz fsb 5001mb L2 canche.

untuk lebih jelas nya simak di bawah ini

* Intel Atom di khususkan untuk Netbook, namun sekarang sudah dikembangkan ke jenis PC

* Intel Atom di bandingkan dengan Intel Celeron secara umum bagusan Celeron, performa ATOM 'mungkin' bisa disejajarkan dengan P3. CMIiW

* INTEL ATOM dibuat dengan fabrikasi 45 nm. Mengandung 47 juta transistor. Single core, fsb 533 dan mendukung hyper treading. Hemat daya dan tidak cepat panas.

* Intel atom punya kelebihan hemat energi baterai sehingga panas yg dikeluarkannya gak sepanas intel celeron. Tp kalo masalah kinerjanya cenderung sedikit lebih bagusan intel celeron.

* Utk intel atom biasanya dipake di netbook yg hanya butuh utk kinerja yg agak ringan, bahkan utk kedepannya intel atom kyknya mo diadop ke PDA atau HP.

* Sebenernya intel atom tu sekelas ama celeron dualcore tp bukan pentium dualcore, dengan kecepatan 1,6ghz fsb500 1mb L2 cache sekilas udah saingan ama celeron D 2,66 fsb 800 512kb L2 Cache tp kelemahannya intel atom udah menyatu ama motherboardnya jd user tu kaya kurang bebas aja buat overclock ato ngembangin fitur2 lainnya.

* Intel celeron ada dua versi, yg mobile sama yg ULV. Untuk yg mobile itu dia punya kekuatan cpu sebesar 1.86 Ghz sedangkan yg ULV punya kecepatan processornya hanya 900 Ghz. Rata2 yg ULV hanya dibekali maximal 512 Mb RAM, sedangkan yg mobile (versi teratasnya M 440) dapat diupgrade hingga 2GB. Tapi untuk tahan lama battre ULV jagonya. Bisa tahan lebih dari 2 jam tergantung kapasitas batre. Kalau yg mobile (M) 1 jam-an.

* Kembali ke atom, kalo atom kecepatan prosessornya 1.66 Ghz dengan max Ram 2GB. Intel Atom mengunakan desain processor baru dan awalnya diperuntukan untuk mobile device. Karena emang irit banget, cuman butuh daya 1 sampai 2.5 watt sehingga otomatis lebih tahan lama batrenya. Jadi ibaratnya atom itu gabungan celeron M sama celeron ULV. Kecepatannya dzapat diperhitungkan (walau masih kalah dengan core duo tentunya) namun juga hemat energi luarbiasa! Teman saya yg make Acer aspire one dalam keadaan normal pemakaian (ngetik sama wifi-an) bisa 5 jam an. Semoga jawabannya membantu.

* intel atom lebih bagus kecepatannya 1000 Ghz sampai 2000 Ghz, kalau celeron kecepatannya sampai 800 Ghz sampai 1500 Ghz begitu.

* Prosesor Pentium generasi pertama, yang memiliki nama kode i586, P5, atau 80586 memiliki kecepatan 60 MHz dan 66 MHz.

* Pentium generasi kedua memiliki nama kode P54C). Prosesor baru ini diperkenalkan pada frekuensi 90 MHz, 75 MHz, 100 MHz. Selanjutnya dirilis pula seri dengan kecepatan 120 MHz, 133 MHz, 150 MHz, 166 MHz, dan yang tercepat 200 MHz. Dengan menggunakan teknologi manufaktur yang lebih canggih, Pentium pun lebih ramping dan lebih hemat daya (frekuensi 200 MHz hanya memakan 15.5 Watt).

* Generasi ketiga dari prosesor Pentium adalah Pentium MMX (yang memiliki nama kode P55C) . Intel memasukkan tambahan 57 instruksi MMX baru ke dalam prosesor, tanpa melakukan perombakan terhadap desain. Ukuran Cache ditingkatkan pada prosesor ini: Pentium MMX memiliki 16 KB Data cache yang bersifat write-back (yang pada versi Pentium sebelumnya hanya terdapat 8 KB)

sumber : majalah komputek n http://rina-kanata.blogspot.com/

Jangan lupa baca posting di bawah juga ya :)



0 komentar

Posting Komentar

Google Translate