Posting Terbaru

web counter

Calon pemain naturalisasi multitalenta

Diposting oleh den imam Kamis, 10 Februari 2011

INILAH.COM, Jakarta - Satu lagi pemain Belanda keturunan Indonesia akan segera dinaturalisasi. Dia bernama Joey Suk. Siapa dan bagaimana kiprahnya? Simak profil lengkapnya.

Menurut Deputi Khusus Badan Tim Nasional (BTN) Imam Arif, pemain tersebut memang sempat luput dari pantauan BTN. Namanya muncul menjadi salah satu kandidat pemain timnas U-23 yang akan berlaga di ajang Pra Olimpiade dan SEA Games 2011 setelah direkomendasikan langsung oleh pelatih klub tempatnya bernaung, Go Ahead Eagles.

Joey saat ini tercatat masih memperkuat klub Go Ahead Eagles, sebuah klub di Eerste Divisie atau divisi tertinggi kedua di Belanda. Dia rekan setim Diego Michiels. Bedanya, jika Diego hanya beberapa kali diberi kesempatan memperkuat tim inti. Namun, Joey adalah salah satu pemain utama di klub itu.

Joey lahir di Deventer, Belanda, 8 juli 1989. Pemain serbabisa itu sejatinya berposisi sebagai bek tengah, akan tetapi dia juga bisa diposisikan sebagai gelandang bertahan ataupun gelandang serang.

Joey muda mengawali karier sepakbolanya di sebuah klub kecil di kota Deventer bernama DW Davo. Kemampuannya membaca pergerakan pemain membuat salah satu pemandu bakat Go Ahead Eagles yang saat itu menyaksikan dia berlaga kepincut. Joey kemudian dikontrak sebagai pemain tim cadangan Go Ahead Eagles.

Debutnya bersama tim inti Go Ahead Eagles terjadi pada 6 Februari 2009 dalam pertandingan tandang melawan FC Omniworld. Saat itu, dia bermain sebagai starter dan tidak digantikan selama 90 menit penuh. Go Ahead Eagles akhirnya menang dengan skor 1-2.

Semusim setelahnya, Joey dipromosikan sebagai penghuni tetap tim inti Go Ahead Eagles. Catatannya di musim ini terbilang cukup mengesankan. Dia tampil sebanyak 26 kali dan mencetak empat gol. Dikarenakan prestasi gemilangnya, Joey kabarnya saat ini sedang diincar beberapa klub Eredivisie atau kompetisi tertinggi di kancah sepakbola Belanda.

Tidak berbeda dengan pemain naturalisasi asal Belanda yang sudah terlebih dahulu memperkuat timnas Indonesia, Irfan Bachdim, Joey ternyata juga mempunyai tato. Tato tersebut terletak di tangan dan punggungnya. Tato yang ada di tangannya adalah sebuah guratan bertuliskan Deventer. Menurutnya, tato itu melambangkan kecintaannya terhadap kota kelahirannya. Kemudian, tato yang ada di punggungnya berupa sebuah gambar busur dengan sayap malaikat dan tertuliskan namanya di bawah gambar tersebut.

Joey rencananya akan tiba ke Jakarta pekan depan. Menurut penuturan Iman Arif, Joey akan diberi kesempatan mengikuti proses ujicoba selama sepekan. Mampukah pemain yang darah Indonesia-nya menetes dari sang ayah itu masuk menjadi salah satu punggawa timnas U-23 dan mengharumkan nama bangsa leluhurnya itu di kancah internasional? [nic]

Jangan lupa baca posting di bawah juga ya :)



0 komentar

Posting Komentar

Google Translate