Posting Terbaru

web counter

Dengan mengklik salah satu Sponsor di bawah, Anda telah menjadi donatur Blog ini (Saya yakin Anda mau berbagi ^_^)

Aplikasi Quick Startup

Diposting oleh den imam Kamis, 18 Maret 2010

Adakalanya kita direpotkan karena adanya aplikasi yang dijalankan secara otomatis saat windows dijalankan (startup program/autorun program). Memang ada beberapa aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh kita namun tak jarang pula banyak aplikasi yang tidak terlalu penting sehingga dapat ikut mengkonsumsi memori komputer yang ada, yang mengakibatkan pada kinerja sistem atau dengan kata lain komputer menjadi lambat.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk dapat mengatur & mengelola startup program. Pertama kita dapat mengatur di opsi program yang bersangkutan dengan menonaktifkan opsi autorun program (namun terkadang tidak semua aplikasi memiliki opsi ini).

Kedua adalah dengan menghapus shortcut yang terdapat pada menu Start>All Programs>Startup (namun tidak semua startup program yang aktif memiliki shortcut di menu tersebut, karena terkadang ada startup program yang aktif melalui Registry). Cara ketiga adalah tak lain dengan mengedit Registry dan file Win.ini (namun tidak semua kita mengerti untuk dapat secara langsung mengedit Registry dan file Win.ini).

Namun dari ketiga cara yang telah disebutkan diatas ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi untuk mengatur & mengelola startup program. Salah satu aplikasi yang cukup simple namun cukup ampuh adalah Quick StartUp.

Quick StartUp dapat menghapus, mengedit, dan menambahkan aplikasi yang dijalankan secara autorun, baik yang tedapat di folder Startup, file Win.ini, maupun Registry.

Saat aplikasi Quick StartUp dijalankan maka akan menampilkan seluruh aplikasi yang dijalankan secara autorun. Untuk menonaktifkan aplikasi autorun sangatlah mudah kita cukup menghilangkan tanda centang aplikasi tersebut, dengan cara ini kita masih bisa mengaktifkan kembali aplikasi tersebut, jika sewaktu-waktu kita memang menginginkan aplikasi tersebut berjalan secara autorun.

Selain itu Quick StartUp juga dapat menghapus dengan opsi Delete this Entry, jika kita memang benar-benar sudah tidak menginginkan aplikasi itu berjalan secara autorun. Namun sebaliknya jika kita ingin agar sebuah aplikasi tertentu berjalan secara autorun kita dapat memilih opsi Add program …

Tampilan Quick StartUp memberikan informasi aplikasi autorun berupa Name (nama aplikasi tersebut), Path (letak aplikasi tersebut terinstall), Status (keadaan autorun aplikasi tersebut, Enabled/Disabled), Location (lokasi dimana aplikasi tersebut diaktifkan secara autorun, folder Startup/Registry), serta Details (yang berisi jenis produk dan perusahaan pembuat aplikasi tersebut)

Selain mudah digunakan, yang lebih mengembirakan lagi aplikasi ini adalah freeware, sehingga anda tidak perlu membayar untuk semua kemudahan ini. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Quick startup -- Download



Jangan lupa baca posting di bawah juga ya :)



0 komentar

Posting Komentar

Google Translate

Alexa

Iklan Blog

Try us on Wibiya!